Akuarium Literasi 5


Ibrahim merasa takjub saat saya bacakan sejarah dan asal muasal benda di sekitar kita di antaranya buku, cermin, jam, kaca mata, uang dan banyak lagi. Dan yang dia tanggapi hari ini adalah uang, ternyata menurut sebuah penelitian uang kali pertama ditemukan di kota Sippar (Iraq). Uang tersebut berasal dari jaman raja Ammi Ditana yang hidup antara 1633-1647 sebelum masehi.

"Hore akhirnya aku tahu!" Ibrahim menirukan kata-kata judul bacaan hari ini. Sedangkan kakak Agnia masih begitu serius memahami buku berwarna merah muda yang berjudul "Yuk, berhijab!". Sambil membaca, dia sesekali menjelaskan bahwa di masa lalu kaum wanita itu tidak berharga bahkan hina, sehingga datanglah islam yang memuliakan kaum wanita.

Keduanya larut dan tenggelam dalam buku bacaan masing-masing. Meskipun sesekali Ibrahim bertanya tentang bacaan yang masih sulit dia baca.

Sayapun sama tertegun saat melanjutkan membaca buku Prophetic Parenting. MaasyaaAllah, saya merasa buku ini sempurna memberi suri tauladan, bagaimana cara rasul dalam mendidik, mengajari dan mempermudah bukan menpersulit dan memberi ancaman, lengkap dengan adab sehari-hari. 

Saya memandang keduanya, diam-diam di hati terselip rasa haru dan meminta pada Allah agar senantiasa menjaga langkah-langkah mereka berdua.. Aamiin.


Tantangan hari kelima masih kami lewati dengan rasa suka dan tak mengurangi murojaah hadist serta Al-Qur'an, selama bulan ramadhan ini Agnia sudah khatam Al-Qur'an. Dan tetap berkegiatan membuat aneka boneka kecil hasil kreasinya. Meskipun bulan ramadhan, kami tetap belajar dan berkegiatan seperti biasa. Supaya kegiatan homeschooling kamipun tidak tertunda.

#TantanganHari5
#Level5
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst
#KuliahBunsayIIP

Komentar