Akuarium Literasi 4


Ini hari keempat kami berlatih konsisten membaca. Agnia dan Ibrahim belajar menjabarkan dan menyimpulkan isi buku dan sesekali kami tetap berdiskusi. Karena makna literasi adalah kemampuan memahami aksara atau kata dan kemampuan membaca serta menulis sehingga kami tetap belajar sepenuhnya untuk memahami kaidah menulis serta kata-kata yang benar dan baku.

Saya :" kak, mengapa kita gunakan kata akuarium tidak aquarium? Mana yang menurut kakak benar?"

Agnia :"Kita tinggal di Indonesia berarti harus menulis sesuai aturan bahasa Indonesia dan kata baku yang sesuai adalah akuarium dengan hruf k, dan kata tersebut yang kita gunakan."

Saya :" Bagaimana dengan aquarium?"

Agnia :"Aquarium adalah kata yang tidak baku dan diserap dari bahasa asing."

Saya :"Bolehkah kita gunakan dalam karya tulis?"

Agnia :"Boleh tetapi kata tersebut tidak baku sehingga penulis akan menuliskannya dengan dimiringkan."

Saya :"Cita-cita kakak menjadi penulis. Langkah apa yang akan kakak lakukan supaya karya kakak nanti bisa berkualitas?"

Agnia :" Yang pertama ya membaca bertarget, memahami banyak kosa kata yang sesuai kaidah, seperti menggunakan kata tidak baku harus dimiringkan selain kita terbiasa memilih kata yang benar, kitapun bisa memberi petunjuk pada pembaca dan yang pasti belajar untuk tidak menyingkat kata-kata."

Saya :" Aku bukan aq ya kak, hehe.."

Agnia :"Kalau untuk santai boleh mungkin ummi, seperti di media sosial tapi biasanya terbawa ke karya tulis kita. Bukankah yang akan kita alirkan adalah sesuatu yang menjadi kebiasaan kita? Kalaupun mampu membedakan pasti berat, pasti lupa juga, hehe.."

Selalu ada keceriaan yang mewarnai belajar kami. Alhamdulillah..

Hari ini kami membaca buku yang memang sebelumnya sudah pernah kami baca. Mengapa harus mengulang? Tujuannya agar kami terbiasa memiliki kemampuan menceritakan kembali isi bacaan. Sehingga fungsi perpustakaan keluarga ini tetap terasa meskipun perpustakaan kecil dan sederhana.

Agnia memiliki kemampuan membaca 1-2 buku per hari, Ibrahim hanya beberapa lembar dan kalau dibacakan, dia bisa dan mau mendengarkan sampai selesai meskipun harus beberapa kali jeda. Sedangkan saya sebelum tugas materi 5 ini butuh beberapa hari untuk menyelesaikan membaca 1 buku apalagi yang tebal sampai 600 halaman butuh 1 bulan bahkan sulit sekali sampai akhir buku.

Akuarium literasi membuat kami bersemangat maksimal membaca buku. Hari ini kami tidak lupa menggunting kertas-kertas origami lambang hati agar bisa ditempel setiap selesai kami membaca.


Semua kegiatan membaca kami lakukan selesai menghapal hadist-hadist pendek dan surat-surat pendek juz 30 untuk Ibrahim. Juz 29 untuk Agnia.


#TantanganHari4
#Level5
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst
#KuliahBunsayIIP




Komentar