Akuarium Literasi 13



Dari pagi sampai menjelang sore saya tak lepas menemani Ibrahim. Dia ingin membaca tulisan saya di papan tulis tentang matahari sebagai sumber energi. Alhamdulillah, setelah 13 hari berjalan belajar konsisten membaca. Ibrahim mulai terlihat rasa suka dengan bacaan. Bahkan ketika diajak belanja, setiap tulisan yang dia lihat akan dibacanya. Saya akhirnya mendapat sebuah kekuatan, yang terlambat belum tentu tidak baik. Ibrahim tidak usah dipaksakan, dengan sendirinya dia meminta membaca dan jika kesulitan dia akan selalu minta dibacakan sampai selesai.



Setelah Ibrahim selesai. Si sulung tak ketinggalan meminta ditemani juga. Malam ini, Agnia membaca buku tentang pendidikan masa pubertas. Dia kaget saat membaca pendidikan seks secara islami. Dia berpikir pendidikan seks seperti ala barat. Ternyata setelah detail membaca dan saya jelaskan, dia mengerti pendidikan seks dengan landasan akidah islam sangatlah berbeda dengan barat. Dalam islam pendidikan seks adalah menyiapkan anak-anak dan memberi bekal agar siap menjalankan peran dan tanggung jawab sebagai manusia.

Agnia menyimpulkan tentang pendidikan seks itu diawali dari sejak dini, mengenal jenis kelamin. Memilihkan pakaian, kegiatan hingga pergaulan dengan benar. Untuk anak perempuan bisa diperkenalkan dengan menutup aurat. Agnia mengatakan pendidikan seks yang selaras dengan akidah islam akan berjalan benar dan terarah.



Kami lanjutkan dengan rutinitas sebelum tidur yakni murojaah ayat Al-Quran dan hadist pendek. Alhamdulillah, semoga Allah selalu menjaga kami dengan istiqomah... Aamiin..

#TantanganHari13
#Level5
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst
#KuliahBunsayIIP

Komentar