Bersama Lego




Tugas      :  Mengenal Gaya Belajar Anak
Tanggal  :  20 April 2017
Anak       :  1). Agnia Malika Anandari (13y4m)
                    2). Ibrahim Abdul Jabbar (6y6m)
Sarana   : Mainan Lego

Hari ini adalah hari pertama tugas game level #4. Saya awali dengan kegiatan yang sudah menjadi rutinitas kami yaitu merapikan dan membereskan lego. Untuk tugas hari ini saya harus lebih detail mengamati (observe), terlibat dalam aktivitas bersama Agnia dan Ibrahim (engange), melihat dan mendengarkan (watch and listen).

Saya acak kepingan lego dan saya sediakan buku-buku tutorial. Dan reaksi yang terjadi dari Agnia serta Ibrahim memang berbeda.

Agnia : Agnia terbiasa dalam kegiatan belajar selalu mencari tutorial secara visual. Alasan yang dia kemukakan adalah dia lebih suka, terlihat lebih rapi dan merasa maksimal.  Dan alasan tidak suka tanpa memakai tutorial meskipun bisa dan memberikan karya yang bagus, dia merasa tidak yakin dan tidak rapi. Agnia dengan usianya yang sudah 13 tahun sudah bisa dilihat gaya belajarnya dan sudah mulai terlihat konsisten. Agnia dominan dengan gaya belajar visual. Meski terlihat sesekali dia menggunakan gaya belajar auditori dan kinestetik.



Ibrahim :  Ibrahim bisa membuat karya dengan tutorial dan hasilnya bagus. Tetapi dia tidak suka. Kemudian hasil karya tersebut akan di bongkarnya sesuai ide yang dia miliki. Yang saya amati, Ibrahim memang dominan dengan gaya belajar kinestetik tetapi belum bisa saya tekankan sebagai gaya belajar yang menetap dalam diri Ibrahim karena usianya masih dibawah 7 tahun. Menurut sumber yang saya baca dan pelajari bahwa anak-anak baru bisa stabil gaya belajarnya saat otaknya sudah mulai bersambungan pada usia 8 -9 tahun, karena itu mempengaruhi cara dia mempersepsi informasi dan suatu masalah termasuk pada cara dan gaya dia belajar.


Ibrahim sesekali akan menggunakan gaya belajar visual ketika dia melihat tutorial di youtube. Dia bisa menciptakan karya dari bahan dan warna berbeda tapi menghasilkan bentuk yang serupa. Ibrahim pun bisa belajar dengan gaya auditori, terbukti dia bisa cepat menghafal dalam setiap nama seri lego yang saya baca dan jelaskan.


Alhamdulillah, indahnya membersamai belajar hari ini. Membuka cakrawala pengetahuan untuk melengkapi diri sebagai ibu profesional.

#TantanganHari1
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP


Komentar

  1. Kalian pasti paham part-part kecil lego itu umpama bagian-bagian penglihatan kalian, pendengaran kalian, gerak kalian, pemikiran kalian, hidup kalian.. Teruslah menjadi kalian karna Alloh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih abu Ibrahim atas setiap pelajaran hidup yang tertoreh begitu pasti. Lillah dari langkahmu memapah jejak kami. Menyayangimu karena Allah, sebaik-baik pemberian dan kenikmatan hidup.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Posting Komentar