GAME LEVEL #2 KELAS BUNDA SAYANG

MELATIH KEMANDIRIAN KELUARGA HARI KE 9

" Menyiram Bunga "

Pagi ini sebelum berangkat kelas luar, Ibrahim punya rutinitas baru yaitu menyiram bunga yang kemarin saya belikan selain sebagai hadiah tapi sebagai bahan challenge untuk sebulan ke depan. Jika berhasil memelihara dan merawat bunga dengan baik. Ibrahim dan kakaknya boleh membeli kembali bunga pilihan mereka masing-masing.

Aktivitas pagi sudah semakin kondusif. Ibrahim dan Agnia sudah cukup berhasil melewati tantangan kemandirian mereka masing-masing. Sehingga jadwalpun terisi dengan maksimal. Alhamdulillah saya sangat terbantu. Pukul 04.30 kita terbangun dan segera mandi dilanjutkan belajar hafalan langsung dilanjutkan beraktivitas rutin. Saya memberi durasi sampai pukul 08.00 untuk saya, Agnia dan Ibrahim menyelesaikan semua tugas rumah. Agar bisa segera menuju tempat belajar hari ini di posko 2 Damkar Cibadak.



Selesai sarapan dan jam masih menunjukkan pukul 07.00, saya menemani Ibrahim menyiram bunga dan memberi tahu cara merawatnya. Alhamdulillah mentari bersinar cerah sehingga ada kesempatan buat menjelaskan pelajaran yang sempat tertunda tentang matahari. Ibrahim ternyata masih mengingatnya bahwa matahari adalah pusat tata surya. Matahari menghangatkan sesuai kebutuhan. Sinarnya di pagi hari bisa mengaktifkan vitamin D dalam tubuh manusia untuk menguatkan tulang. Saya coba mengajak Ibrahim menemukan korelasi antara sinar matahari dan tumbuhan termasuk bunga yang dia siram pagi ini. Ibrahim mengatakan kalau bunga-bunganya pasti senang bertemu dengan matahari. Daun-daunnya akan menyerap sinar matahari. Dia kemudian mengingat fotosintesis yang pernah saya ulas beberapa minggu lalu. Dan saya bilang fotosintesis akan menghasilkan karbohidrat dan oksigen. Ibrahim bertanya karbohidrat dan oksigen untuk apa? Waaah pertanyaan yang saya tunggu. Saya jelaskan karbohidrat digunakan tumbuhan untuk tumbuh besar dan sebagian lagi disimpan menjadi buah, sementara oksigen akan dilepaskan ke udara agar bisa dihirup oleh manusia ketika bernapas.



Ibrahim langsung berkata. " Pantas ya kalau yang rumahnya banyak bunga dan pohon. Terasa sejuk ya ummi. Kan oksigen untuk bernapas ya. Aim akan semangat menyiram dan merawat agar bunganya bertambah dan rumah sejuuuuuk..." Senyumnya mengembang dan semangat.

Semoga semangat hari ini bisa menjadi bekal konsistensi di diri Ibrahim untuk hari hari selanjutnya.



#Level2
#KuliahBunsayIIP
#MelatihKemandirian

Komentar

Posting Komentar