Apresiasi Berharga


Hari ini adalah hari ke 7 Family Project. Dan Agnia sebagai pimpro masih menunda project kami hari kemarin yakni project hari ke 6 tentang kreasi kain flanel. Saya sudah menawarkan untuk mengganti dengan project lain tetapi Agnia pantang menyerah dia meminta sampai maksimal menyelesaikan.

Hari ini kami gunakan sebagai sarana bercengkrama dengan abu Ibrahim sang ayah yang memang jarang sekali untuk bisa menemani kami. Agnia meminta abu untuk mau mendengarkan cerita tentang family project yang sudah dia handle selama 6 hari ini.

Abu Ibrahim bertanya kepada sang pimpro tentang project apa saja yang Agnia handle dan hikmah apa yang didapatkan. Agnia pun menjelaskan dengan santai bahwa project 3 hari awal diisi dengan kegiatan menghandle kondisi di rumah ambu, menikmati perjalanan dan tetap semangat serta yang dia jelaskan cukup rinci adalah tentang project mengajar les. Dia mengatakan selain terlatih lebih sabar, juga bisa merasakan tantangan yang ummu lewati selama mengajar dan juga bisa menghasilkan uang karena setiap murid yang Agnia handle dengan pertimbangan saya bahwa infaknya memang untuk Agnia. Agnia sedang menabung karena punya rencana ingin kursus bahasa inggris dan kursus menjahit.

Abu Ibrahim terlihat tersenyum dan memeluk kedua anak kesayangannya. Sepertinya terharu. Dia mengatakan terima kasih sudah bisa menemani ummu dengan baik, terima kasih sudah menjadi anak-anak yang mandiri serta memiliki inisiatif di setiap keadaan. Tak lupa menitipkan bahwa setiap tugas harus dikerjakan dengan penuh tanggung jawab. Hargai setiap prosesnya artinya harus bisa menikmati semua yang dikerjakan sebagai sarana belajar.

Hari ini Agnia dan Ibrahim memang belum bisa menyelesaikan project yang tertunda tetapi mereka dan sekaligus saya mendapatkan kekuatan baru dari nasehat-nasehat dan apresiasi abu Ibrahim yang seperti amunisi dan oase di padang pasir.

Alhamdulillah keduanya selalu menjadi wasilah kekuatan. Semangat dan antusiasme keduanya membuat rumah ini memiliki warna indah yang tegas. Ide-idenya yang seperti tak pernah habis selalu mengalir meski terkadang tergoda jenuh, jeda sejenak seperti hari ini telah menawarkan rasa semangat yang beda. Alhamdulillaah.......


#TantanganHari7
#Level3
#MyFamilyMyTeam
#KuliahBunsayIIP


Komentar