Agnia Sayang Ambu



Hari kedua saya dan anak-anak berada di tempat ambu almarhumah. Agnia selalu memberi ide-idenya dan tak lupa selalu menjadi anak yang bergerak paling cepat dalam urusan tentang keperluan ambunya. Seperti halnya pagi ini. Dia buka lemari usang tempat baju ambu. Setelah kemarin malam abahnya meminta kami memilahnya. Hari ini Ibrahim tidak mau membantu karena dia sedih ditinggal Jibriel pulang ke Cianjur kota. Begitupun Adriel, diam tidak mau melihat baju ambu setelah menangis sepanjang malam mengingat ambu.

Tinggalah Agnia yang mengingatkan kedua tantenya untuk bergerak cepat menyelesaikan semua tugas memilah baju almarhumah. Dia mengambil beberapa potong baju untuk diberikan kepada saya. Dia cium baju tersebut.

Agnia : " Kakak pilihkan baju ini untuk ummi. Ummi pakai ya, agar kangen kakak kepada ambu terobati."

Aku mengangguk dan tersenyum agar gadis tersebut tidak begitu melihat sinar luka yang ada di mata saya. Saya ikut mencium baju tersebut. Wangi ambu yang selalu begitu bersih dan rapi hangat terasa. Butuh waktu agak lama untuk Agnia menyelesaikan projectnya. Dia melipat helai demi helai baju. Membersihkan setiap tahap lemari yang sudah usang dan berdebu.



Agnia selalu memotivasi tante-tantenya supaya bisa lebih mandiri dan menyadari bahwa ambu sudah pergi. Tanggung jawab menemani abah dan merapikan rumah adalah kewajiban Sabila dan Ayu. Mungkin saatnya mereka menyadari bahwa untuk mandiri butuh kerja keras dan keinginan yang kuat. Begitu tutur Agnia.

Akhirnya pekerjaan selesai. Jikapun esok atau lusa kami pulang kembali ke Cibadak, kami cukup lega telah berupaya merawat rumah dan memaksimalkan menyelesaikan tanggung jawab untuk almarhumah meskipun dalam sekelumit waktu. Dan berharap Sabila serta Ayu bisa belajar dari kejadian hari ini.

Ternyata Ibrahimpun bergerak membantu pelan-pelan. Alhamdulillah pelatihan komunikasi produktif dan melatih kemandirian dari Agnia dan Ibrahim sudah bisa diandalkan sehingga meskipun tidak di rumah sendiri mereka bisa melaksanakan family project dengan baik.

#TantanganHari2
#Level3
#MyFamilyMyTeam
#KuliahBunsayIIP



Komentar