GAME LEVEL #2 KELAS BUNDA SAYANG

MELATIH KEMANDIRIAN KELUARGA HARI KE 2

" Cerita Tentang Setrika"

Suara adzan membangunkan kami bertiga dalam shubuh yang dingin. Hari ini prosesnya tidak terlalu sulit. Agnia dan Ibrahim mulai terlihat banyak sinergi. Mereka saling bantu mengerjakan tugas yang ringan yang bisa mereka handle.
Hari ini catatan melatih kemandirian saya fokuskan dengan kegiatan Agnia. Dari beberapa ceklis yang sudah saya,suami dan Agnia sepakati masih ada 1 hal yang belum konsisten yaitu menyetrika.

Pagi ini setelah Agnia selesai dengan tugas yang rutin. Saya langsung sediakan tantangan setumpukkan baju adiknya yang harus disetrika. Saya berikan petunjuk bahwa semua harus tertata rapi di lemari dan jika belum selesai hari ini harus di tata rapi di keranjang supaya nanti bisa dilanjutkan dengan kondisi pakaian  yang tidak berantakan.
Saya amati sambil mengajaknya berdiskusi. Susah payah tapi menyenangkan sepertinya. 
Agnia mulai mengikuti kebiasaan saya,ketika melipat baju antara baju yang satu dengan baju yang lain harus sama. Saya upayakan tidak jauh-jauh dari Agnia. Sambil mengajaknya berbicara dengan tema banyak hal supaya dia pun tetap semangat.

Agnia : " Ummi,dari kapan belajar setrika?"

Saya : "Dari sejak umm kelas 3 SD. Waktu itu setrikaannya bukan setrika listrik lho kak. Umm harus bakar dulu batok kelapa atau arang. Perjuangan lho kak kalau umm lagi liburan sekolah dan pulang ke rumah ambu. Umm suka pengen setrika baju. Sempet ada yang gosong bajunya,sempet tumpah semua arangnya,sedih jadinya inginnya umm bantu ambu tapi malah menambah pekerjaan."

Agnia tersenyum dan berkata : " Alhamdulillah,berarti sekarang kakak di mudahkan ya. Beruntung ummi melewati susah payah dulu jadi ummi terbiasa menyetrika cepat dan rapi."

Hari ini Agnia cukup maksimal mengerjakan tantangan yang saya berikan. Meski baru menyelesaikan setrika baju Ibrahim. Baju-bajunya yg belum dia  setrika ditata rapi di keranjang.

Semoga kebersamaan hari ini bersama Agnia melahirkan semangat konsisten di hatinya untuk tetap melaksanakan tugas-tugas dengan baik dan maksimal. Semoga Allah meridhoi.. Aamiin Allahumma aamiin.

#Level2
#KuliahBunsayIIP
#MelatihKemandirian


Komentar