Akuarium Literasi 2


Memasuki hari kedua tugas tantangan level 5. Agnia antusias untuk membaca dengan seksama. Setelah kemarin selesai membaca 2 buku dan berhasil mereview meskipun dengan bahasa sederhana.

Ibrahim tak ketinggalan selain membaca rutin buku bacalah, dia selalu menyertakan buku cerita islami yang akan dia baca sebagian dan sisanya saya yang membaca. Ibrahim selalu meminta untuk diberikan waktu mengulang isi bacaan.

Semua mereka jalani setelah review hafalan surat-surat Al-Quran dan hadist pendek. Mereka benar-benar belajar disiplin untuk konsisten membaca. Tak lupa kami selalu membiasakan berdiskusi. Seperti halnya hari ini.

Agnia :"Ummi, apa artinya plagiat? Dan contohnya seperti apa ya?"

Saya :"Plagiat itu perilaku meniru hasil karya orang lain dan diakui sebagai hasil karyanya. Biasanya hasilnya akan benar-benar sama. Di antara penyebabnya karena malas membaca sehingga merasa buntu dan tidak menemukan ide yang lebih kreatif kak." Jawab saya.

Agnia :"Berarti pelanggaran hak cipta ya ummi. Jelas sekali, Mengapa Allah mengaruskan "Iqro" agar manusia senantiasa mampu berkarya dan memilki wawasan karena membaca bisa membuka ilmu pengetahuan."

Saya tersenyum mengiyakan dan beralih ke Ibrahim yang sudah fokus di depan laptop untuk menonton kisah nabi Muhammad SAW. Ibrahim menjelaskan kepada saya bahwa ka'bah akan dihancurkan oleh pasukan bergajah yang dipimpin Abrahah namun kemudian digagalkan oleh burung Ababil.

Kemudian Ibrahim bermain game seru tentang menyusun bilangan yang berupa puzzle. Proses belajar dan membaca kami hari ini seru karena kami dilengkapi akuarium literasi, yang siap kami tempeli lambang hati.




Tak lupa sayapun. melengkapi diri dengan buku bacaan yang lebih tipis sambil menyelesaikan membaca Prophetic Parenting. Buku yang saya baca adalah buku Pendidikan Masa Pubertas lebih simple dan memudahkan saya mendampingi masa remaja Agnia.

#TantanganHari2
#Level5
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst
#KuliahBunsayIIP




Komentar